SEJARAH APFI

  • 2007

    Kesepakatan anggota Asean untuk menyelenggarakan Masyarakat Ekonomi Asean

  • 2012

    Penetapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sebagai acuan untuk berbagai bidang di Indonesia, a.l: bidang Pendidikan, dan bidang Tenaga Kerja.

  • Awal 2014

    Pembentukan Tim Perumus SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia; Permenakertrans No.8 Tahun 2012) bidang fotografi. Fotografi adalah salah satu jenis bidang usaha dari ratusan bidang yang telah ada, berdasarkan Kualifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLUI)

  • April 2014

    Pra Konvensi Nasional RSKKNI Bidang Fotografi, di Bandung; Mengundang 25 pelaku fotografi dari berbagai kalangan (praktisi komersil, jurnalistik, seni, pendidik formal/non formal/informal, peneliti, dan pemilik outlet)

  • 25 Juni 2014

    Pendeklarasian Asosiasi Profesi di Bidang Fotografi di Indonesia

  • 21 September 2015

    Pendirian APFI Pengurus Daerah Jabodetabek dengan SK APFI Pusat no. 09/APFI/0000/SK/IX/2015

  • 17 Juni 2017

    APFI Pusat mengeluarkan SK no. 31-1/APFI/00000/SK/VI/201 yang isinya mengukuhkan kembali organisasi tersebut menjadi APFI Pengda Jakarta, sehingga roda organisasi tetap berjalan dengan baik.

WILAYAH KERJA APFI PENGDA JAKARTA

Provinsi DKI Jakarta

 

Kepulauan Seribu

 

PENGURUS APFI PENGDA JAKARTA PERIODE 2017-2018

Ridha Kusumabrata
Plt. Ketua
Mengawali karier fotografi di tahun 1989, setelah itu mendirikan R-photography Indonesia di tahun 1991. Bergabung dengan APPI pada tahun 1997 karena berkomitmen penuh pada profesi fotografi Indonesia. Seiring waktu berjalan maka bergabung dengan APFI untuk melanjutkan komitmen awal, yaitu ... untuk profesi fotografi Indonesia yang lebih baik. Selain mengurus APFI Pengda Jakarta selaku Pelaksana Tugas, juga harus membagi waktu sebagai Ketua LSPFI (Lembaga Sertifikasi Profesi Fotografi Indonesia).
ridha.kusumabratarkusumabrataR-photography Indonesia
Ricky Purnamahadi
Sekretaris
Fotografer komersial yg bergabung dengan APFI dengan semangat bersama sama untuk memajukan dunia fotografi indonesia yang lebih baik
Bambang Heryanto
Bendahara
Mulai mengenal dunia fotografi saat bergabung di jaringan ritel kodak express pada tahun 1997 dan Darwis Triadi School of Photography ( DTSoP ) pada tahun 2003. Saat ini bekerja sebagai Laboratory Coordinator termasuk Lab. Photography di Universitas Bina Nusantara International. Bergabung dengan APFI adalah suatu jalan untuk bisa menerima dan berbagi ilmu fotografi untuk kemajuan dunia fotografi di indonesia pada umumnya.
Herry Tjiang
Hubungan Masyarakat
Certified photographer Herry Tjiang ini menekuni dunia photography secara profesional sejak tahun 1999. Memenangi banyak lomba fotografi bertaraf nasional seperti Canon photomarathon 2010, ITHF 2011, lomba foto drone 2018 dll. Selain aktif di APFI juga banyak menjadi pembicara workshop photography tentang food photography dan drone.Selain itu Herry Tjiang juga aktive menulis buku yang telah diterbitkan lebih dari 10.000 copy di Elex Gramedia (7 hari belajar fotografi, 7 hari belajar food photography dan 7 hari belajar drone photography)
Herry TjiangJakarta School of PhotographyHerry Tjiang
Ruliyanto
Sumber Daya Manusia
Penggemar genre fotografi still life dan foto dokumentasi ini mengikuti uji kompetensi fotografi di tahun 2016 dan bergabung dengan APFI di tahun yang sama dengan tujuan ikut memajukan fotografi di Indonesia
Agung Nugroho
Sumber Daya Manusia
Seorang IT profesional yang juga menekuni hobi fotografi sejak 2006. Berkeinginan besar untuk dapat belajar dan berbagi dalam dunia fotografi, sehingga bergabung dengan APFI dan mengikuti proses sertifikasi pada tahun 2016. Mempunyai harapan untuk membantu mengembangkan kualitas dan kesejahteraan industri kreatif di Indonesia terutama bagi pelaku profesi di bidang fotografi.
Agung Nugroho agung@agungnugroho.com